Pengunjung Mall Diperkirakan Meningkat 40 Persen di Lebaran Tahun 2021 Ini

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Menurut Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) diperkirakan kunjungan masyarakat ke mal akan meningkat 40 persen pada Lebaran tahun ini.

Hal itu menyusul adanya kebijakan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah, sehingga masyarakat akan berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk mengisi liburan.

“Diperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Idul Fitri tahun 2021 ini akan meningkat sekitar 30 persen-40 persen dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2020,” ujar Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja pada Rabu (12/5/2021).

Adapun tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Lebaran tahun lalu, kata dia, hanya naik sekitar 20 persen dibandingkan dengan hari biasanya.

Alphonzus memperkirakan pada momentum Lebaran tahun ini, peningkatan kunjungan ke mal yang tinggi akan terjadi pada H+1 Lebaran atau pada Jumat, 14 Mei 2021.

“Akan ada peningkatan tingkat kunjungan pada hari H+1 yang mana masyarakat berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk mengisi liburan,” ungkapnya.

Maka tingkat kunjungan dan tingkat penjualan pada Ramadhan dan Lebaran 2021 akan lebih tinggi dari tahun lalu, namun diyakini belum akan terjadi peningkatan yang signifikan.

Menurutnya, tingkat kunjungan ke mal baru akan signifikan dan mulai bergerak menuju normal setelah vaksinasi untuk masyarakat umum dilaksanakan.

Namun, vaksinasi untuk masyarakat umum rencananya baru akan di mulai paling cepat pada kuartal III-2021. Itu pun, lanjut Alphonzus, belum ada kepastian kapan tepatnya dilaksanakan.

Ia bilang, kalau vaksinasi untuk masyarakat umum belum dilaksanakan maka hampir dapat dipastikan tidak dapat diberlakukan pelonggaran – pelonggaran kebijakan pembatasan pada sektor ini.

“Jadi kunci dalam hal peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan adalah vaksinasi untuk masyarakat umum,” tutupnya.