PKM Unpam, Mahasiswa: Kita Ajarkan Digitalisasi Marketing Peternak Ikan Hias

Grahanusantara.co.id, Bogor – Ditengah pandemi seperti saat ini, orang-orang cenderung menghindari tatap muka atau bertemu langsung. Sebagai agen of change, mahasiswa Unpam melalui Program Pengabdian Masyarakat (PKM) turun langsung untuk memberikan pemahaman tentang digital marketing kepada masyarakat.

Mengusung tema “Meningkatkan kreativitas dan inovasi UMKM peternak ikan hias dengan digital marketing ditengah pandemi covid-18

Para mahasiswa Unpam semester akhir yang terdiri dari Hendy Sopiyan sebagai Ketua dengan empat anggota lainnya Muhammad Jamil, Nurjamilah, Indah Ria Utari dan Hilman Mulyamansyah, berkunjung langsung ke komunitas ikan hias Family Gold Fish, Cihowe, Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Program yang mereka bangun menitik beratkan pada cara-cara digital marketing melalui media sosial dan market place Indonesia.

“Kami mengajarkan cara memasarkan ikan hias melalui akun sosial media dan memasang iklan tersebut sehingga bisa dilihat diseluruh Indonesia,” Pungkas Jamil.

Hal serupa diucapkan Hendy, karena ikan hias yang sekarang lagi booming dikalangan remaja hingga orang tua menjadikannya ladang untuk mengais rejeki dengan membudidayakan dan mempromosikan ikan hias Ciseeng.

“Dengan tambak yang luas dan terbatasnya jarak, kami ajarkan digital dengan arahan yang membuat mereka paham dan bisa praktekkan nya langsung,” Ucap Hendy.

Mengapresiasi pengabdian yang dilakukan mahasiswa Unpam, bapak Samsudin selalu ketua ikan hias Family Gold Fish Ciseeng berterimakasih atas ilmu yang telah diajarkan dan berharap kedepannya peternak ikan hias Ciseeng dapat merambah pasar yang lebih luas lagi bahkan ditengah pandemi Covid-19.

“Terima kasih atas pelajaran dan ilmu yang telah diajarkan oleh para mahasiswa Unpam, digital marketing kita menjadi sangat banyak mengerti. Mudah-mudahan kedepannya bisa kita terapkan dan berbuah hasil terutama dimasa pandemi seperti sekarang,” Pungkasnya.