Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Unpam Ajarkan Digital Marketing Kepada Petani Ikan Hias Ciseeng

Grahanusantara.co.id, Bogor – Banyaknya sektor usaha yang terdampak pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha memutar otak agar usahanya tetap bertahan.

Salah satunya lewat strategi-strategi baru pemasaran atau marketing. Akan tetapi, masih banyak pelaku usaha yang tidak menyadari bahwa di era globalisasi seperti saat ini dunia marketing terus berkembang dikenal dengan digital marketing.

Terutama ditengah pandemi seperti saat ini, orang-orang cenderung menghindari tatap muka atau bertemu langsung. Sebagai agen of change, mahasiswa Unpam melalui Program Pengabdian Masyarakat (PKM) turun langsung untuk memberikan pemahaman tentang digital marketing kepada masyarakat.

Mengusung tema “Mengembangkan Strategi Pemasaran UMKM Peternakan Ikan Hias dengan Digital Marketing Ditengah Pandemi COVID-19”

Para mahasiswa Unpam semester akhir yang terdiri dari Yusuf sebagai Ketua dengan empat anggota lainnya Raka Ferdiansyah, Rama Pradiantoro, Dzaki Ahmad Mubarak dan Dwi Astuti, berkunjung langsung ke komunitas ikan hias Family Gold Fish, Cihowe, Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Program yang mereka bangun menitik beratkan pada cara-cara digital marketing melalui media sosial dan market place Indonesia.

“Kita ajari mereka cara pasang iklan di marker place, cara kirim barang kalau ada pesanan dan mengembangkan brands ikan hias melalui media sosial,” Pungkas Yusuf.

Hal senada diucapkan Raka, melihat potensi pemasaran yang lebih luas harusnya teknik-teknik konvensional sedikit demi sedikit ditinggalkan agar pasar ikan hias Ciseeng bisa semakin luas.

“Ya konvensional kan terbatas jarak, kita ajarkan digital mari agar pasar mereka bisa lebih luas lagi,” Ucap Raka.

Mengapresiasi pengabdian yang dilakukan mahasiswa Unpam, bapak Samsudin selalu ketua ikan hias Family Gold Fish Ciseeng berterimakasih atas ilmu yang telah diajarkan dan berharap kedepannya peternak ikan hias Ciseeng dapat merambah pasar yang lebih luas lagi bahkan ditengah pandemi Covid-19.

“Terimakasih atas ilmu yg telah diajarkan oleh para mahasiswa Unpam, digital marketing kita jadi sedikit banyak paham. Mudah-mudahan kedepannya bisa kita terapkan dan berbuah hasil terutama dimasa pandemi seperti sekarang,” Pungkasnya.