Ketua PABPDSI Sumsel Harapkan Herman Deru Bersedia Jadi Panasihat PABPDSI

Grahanusantara.co.id, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menyambut baik akan digelarnya Rapat kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) yang akan berlangsung di Mojokerta dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkannya saat menerima audensi Pengurus PABPDSI kantor Gubernur, Rabu (14/4/2021).

Dalam pertemuan singakat tersebut, Junaidi selaku Ketua Pengurus Wilayah PABPDSI Provinsi Sumsel meminta kesediaan Gubernur Herman Deru untuk dapat mengisi formatur kepengurusan sebagai penasihat organisasi PABPD Seluruh Indonesia Provinsi Sumsel.

Menanggapi keinginan Juanidi tersebut, Herman Deru menayambut baik akan dilakukannya Rakernas dan sekaligus mengaku bersedia mengisi formatur organisasi PABPDSI Provinsi Sumsel sebagai penasihat.

“Saya selaku Gubernur bersedia, bila perlu nanti kita kukuhkan, kita atur jadwalnya sesudah hari raya Idul Fitri nanti,” ungkapnya.

Menurut Herman Deru organisasi PABPDSI sangat dibutuhkan sebagai organiasi yang aggotanya bertugas mengawal pembangunan di desa. Dia berharap keberadaan PABPDSI juga menjadi wadah bagi para anggota BPD meningkatkan kapasitasnya dalam memperjuangkan hak-hak rakyat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. BPD juga memiliki tangung jawab moral dalam pengawasan pengelolaan dana desa yang dikucurkan pemerintah.

“BPD merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis,” jelas HD.

Herman Deru menilai organiasi PABPDSI memang membutuhkan banyak masukan sehingga dalam kafasitasnya mampu berbuat sesuai dengan yang diharapkan masyarakat yang diwakilinya.

“Kita pertajam lagi tujuan dalam organisasi dan mudah-mudahan berjalan dengan lancar tidak meninggalkan tugas pokoknya nanti,” imbuhnya.