Begini Niat dan Doa Mandi Junub

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Mandi junub atau mandi wajib merupakan proses pembersihan fisik yang wajib bagi setiap muslim. Tujuannya adalah membersihkan tubuh dan mensucikan diri dari hadas besar. Bagi orang yang sedang mengalami hadas besar, diwajibkan mandi junub apabila hendak melakukan ibadah yang disyaratkan suci, seperti sholat, thawaf, membaca Al Quran, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam rangkaian mandi junub adalah membaca doa mandi junub. Doa mandi junub disesuaikan dengan penyebab hadas besar yang dialami. Mulai dari berhubungan suami istri, berhentinya darah nifas, dan seusai masa haid.

Berikut ini niat dan doa mandi junub untuk bersuci dari hadas besar. Perhatikan baik-baik, sebab niat mandi junub karena berhubungan suami istri berbeda dengan setelah haid.

– Usai berhubungan suami istri
Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbari Minal Janabati Fardhan Lillaahi Ta’aala
Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta’ala.

– Berhentinya darah nifas
Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Nifasi Lillahi Ta’aala
Artinya: Aku niat mandi untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala.

-Usai masa haid
Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Haidil Lillahi Ta’aala
Artinya: Aku niat mandi untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.

Setelah membaca niat mandi junub, dilanjutkan mandi junub sesuai dengan tata cara yang benar baik untuk laki-laki maupun perempuan. Tata cara mandi junub berdasarkan penyebab hadas besarnya sama, yang membedakan hanya terletak pada niat dan doa mandi junub.