Gelar Gusur Sungai, Ratusan Siswa Hanyut

Sleman – Gelar susur sungai di Sungai Sempor, ratusan siswa sekolah SMP Negeri 1 Turi hanyut, Jumat (21/02).

Dilaporkan, kurang lebih 256 siswa hanyut saat gelar kegiatan tersebut, berlangsung sekitar pukul 15:00 WIB, ada tujuh siswa yang sudah berhasil dievakuasi petugas SAR gabungan.

“Sementara sampai jam 17.00 ada enam orang, lalu baru saja ada laporan satu siswa lagi ketemu jadi total ada tujuh siswa yang sudah dievakuasi,” ujar Mas’ud Rofiqi, Supervisor Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan (Pusdalops) Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, Jumat, 21 Februari 2020.

Mas’ud menuturkan BPPBD belum bisa memastikan berapa jumlah seluruh korban siswa yang hanyut dalam kegiatan itu dan yang masih dicari petugas.

“Yang jelas belum ada batasan waktu pencarian para korban, kami masih terus menyusur sungai itu apalagi sekarang kondisi mau gelap,” ujarnya. Dari informasi yang dihimpun, kegiatan susur sungai itu dilakukan ketika arus di sana belum deras.

Namun, ketika para anak itu sudah mulai kegiatan, mendadak sungai tersebut banjir dan para siswa terseret arus. Kabar hanyutnya para siswa SMP itu ramai di media sosial. Salah satu akun di Twitter, @merapi_news, menyebutkan ada beberapa korban tewas yang sudah dievakuasi di Puskesmas Turi Sleman. Mereka yang terindentifikasi atas nama Nur Azizah dan Arisma.