Kandungan dan Manfaat Membaca Surah Al-Qiyamah

Grahanusatara.co.id, Jakarta – Surat Al-Qiyamah adalah surat ke-75 di dalam Al Qur’an yang memiliki ayat sebanyak 40 ayat. Surat Al-Qiyamah termasuk ke dalam surat Makiyyah. Berdasarkan penjelasan dari para ulama, surah Al-Qiyamah ini diturunkan setelah surah Al-Qari’ah.

Seperti namanya surat Al-Qiyamah mengungkapkan tentang kedahsyatan hari kiamat. Menggambarkan suasana yang sangat mengerikan dan menegangkan bagi siapa saja. Terlebih saat manusia dibangkitkan. Hal ini sekaligus sebagai jawaban bagi orang –orang yang mengingkari dan mendustakannya.

Tidak ada orang yang mampu bersembunyi dan berlindung saat hari kiamat terjadi. Hanya kepada Allah S.W.T sajalah semua orang kembali. Semua dosa yang telah diperbuat selama hidup di dunia akan diperlihatkan. Kita tidak dapat berdusta maupun berbohong karena bahkan tubuh kita sendiri yang mampu menjadi saksi. Saat hari kiamat tiba orang yang mengingkarinya akan berlari ketakutan.

Mereka akan menyesal setelah melihat bulan dan matahari yang telah dikumpulkan. Kemudian mereka kebingungan akan apa hal yang harus diperbuat. Al Quran sebagai sumber dakwah juga dijaga kandungannya oleh Allah S.W.T. Termasuk fungsinya sebagai pembawa berita akan hari akhir. Untuk itulah Rasulullah S.A.W ingin segera cepat-cepat untuk menghapalnya. Namun, Allah S.W.T menegur Rasul dan mengutusnya untuk memahami dengan benar dan melaksanakan segala perintah yang tertulis di dalam Al Qur’an. Hal ini semata-mata untuk kebaikan Rasulullah S.A.W dan umatnya.

Manfaat Membaca Surah Al-Qiyamah

Sama seperti surat lainnya di dalam Al Qur’an yang mengandung berbagai macam kebaikan. Surat Al-Qiyamah juga membawa dampak positif bagi orang yang membacanya bila dilakukan secara rutin. Membaca surah Al-Qiyamah dapat membuat muka atau wajah kita memiliki tanda kuning pada saat hari kiamat. Hal ini seperti sabda Rasulullah S.A.W sebagai berikut

”Barang siapa membaca ‘laa uqsimu biyaumil qiyamah’, maka Aku dan Malaikat Jibril akan menjadi saksi baginya di hari kiamat bahwa dia beriman dengan hari kiamat dan ia datang di depan semua makhluk di hari kiamat dalam keadaan mukanya berwarna kuning.”

Kemudian dari hadist ini pula kita ketahui jika dengan membaca surat Al-Qiyamah maka nanti di saat hari kiamat Rasulullah S.A.W dan malaikat Jibril juga akan menjadi saksi atas keimanan kita.