Ragam Jenis Faktur dan Cara Mudah Membuat E-Faktur

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Faktur, atau yang biasa juga disebut sebagai Invoice tersebut memiliki beberapa jenis yang berbeda tergantung dari bagaimana cara penggunaan dan juga fungsinya. Namun terdapat 3 jenis yang paling sering digunakan di kalangan pelaku UMKM ataupun pebisnis yang berskala besar, yaitu :

1. Invoice Biasa

Invoice ini biasanya merupakan jenis tagihan yang dikirimkan setelah semua produk diterima oleh pelanggan. Rincian dari tagihan ini terbilang sederhana, yakni hanya nama kedua pihak yang melakukan transaksi, alamat pengiriman, produk, jumlah harga hingga tanda tangan, Di dalam Invoice ini, Anda juga harus memberikan batas waktu kepada pelanggan untuk membayarkan tagihannya.

2. Invoice Proforma

Invoice Proforma juga biasa disebut sebagai tagihan sementara yang diberikan oleh pihak penjual kepada pembeli. Kebanyakan tagihan jenis ini diberikan jika belum semua produk sampai di tangan pelanggan.

Jika semua barang telah diterima oleh pihak pelanggan, maka penjual disarankan untuk memberikan Invoice/Faktur Biasa dan menggantikan Invoice Proforma atau sementara tadi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara kedua pihak yang melakukan transaksi.

3. Invoice Konsuler

Jika dilihat dari dua jenis sebelumnya, bisa dibilang jenis ini paling rumit diantara semuanya. Hal itu dikarenakan surat tagihan ini biasa dilakukan apabila terjadi perdagangan internasional atau ekspor dan impor barang dari luar negeri ke dalam negeri. Dan di dalam ini terdapat beberapa detail penting yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual, seperti persetujuan dari perwakilan kedua negara hingga atase perdagangan.

Bantuan Software

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, pembuatannya saat ini sudah lebih modern karena bisa dilakukan secara digital, yang biasa disebut sebagai e-Faktur. Pada tahun 2014, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga telah menginformasikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia agar membayarkan pajaknya secara online dengan menggunakan e-Faktur. Faktur online ini bisa juga dipakai oleh para pebinis, dan pembuatan juga pengirimannya melalui digital ini memudahkan dalam pengelolaan bisnis Anda. Merupakan tagihan yang dibuat dan dikirim secara digital.

Singkatnya, Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas dan juga kurir sebagai bagian dari pembuatan dan pengirimannya. Yang perlu Anda butuhkan hanyalah komputer dengan koneksi internet dan sistem Akuntansi Online berbasis cloud technology yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dalam pembuatan laporan keuangan Anda juga.

Semua aktifitas tersebut bisa dilakukan bersamaan hanya dengan menggunakan sistem Accurate Online. Dengan menggunakan software Accurate, Anda bisa memanfaatkan salah satu keunggulannya yaitu, bisa melakukan pengiriman invoice atau Faktur hanya dengan melalui Chat sosial media sebagai media perantara pengirimannya.

Dengan begitu anda bisa sedikit berhemat biaya. Dan masih banyak lagi layanan yang dimiliki oleh Harmony dimana dapat membantu Anda dalam pelaporan keuangan bisnis Anda, dan anda juga bisa menyaksikan bagaimana Accurate membantu ribuan pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan mudah.

Apa itu accurate? https://www.grahanusantara.co.id/13414/2021/03/16/apa-itu-accurate-manfaat-fitur-dan-kegunaan-untuk-pencatatan-keuangan-usaha/