Philips J. Vermonte Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum Persepi 2019-2024

Graha NusantaraArya Fernandes, Departemen Hubungan Internal Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia, mengatakan bahwa Philips J Vermonte pada Musyawarah Nasional Persepi memutuskan Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) kembali terpilih sebagai ketua umum untuk periode 2019-2024. Philips sebelumnya menjabat sebagai Ketua Persepi untuk periode 2016-2019.

Dalam sambutannya, ucap Arya, bahwa Philips menyampaikan ada tiga hal yang jadi prioritas Persepi dalam lima tahun ke depan ini.

“Pertama, peningkatan kapasitas, profesionalitas dan kompetensi anggota melalui standarisasi metodologi dan alat ukur riset,” kata Arya dalam keterangan tertulisnya (21/2).

“kedua, mengadakan berbagai pengetahuan melalui dukungan Persepi terhadap kegiatan-kegiatan ilmiah. Ketiga, mendorong pemerintah untuk semakin menggunakan data-data hasil riset, termasuk survei opini publik untuk proses pengambilan kebijakan publik,” lanjut Arya dalam keterangan tersebut.

Badan Pengurus Harian (BPH) Persepi, Pada periode kepengurusan sebelumnya, lebih mempriotaskan pada aspek pembenahan tata kelola organisasi dan standarisasi pendaftaran keanggotaan. Untuk saat ini Persepi sudah beranggotakan 38 lembaga, yang sudah terverifikasi dengan persyaratan-persyaratan yang telah di tentukan.

Hamdi Muluk, Dewan Etik, juga meminta Persepi secara kelembagaan mencermati perkembangan mutakhir dalam riset opini publik serta kecenderungan menguatnya gerakan open-science dalam komunitas akademik di tingkat global.

Berikut adalah data anggota Persepi:

Alvara Strategi Indonesia
Arus Survei Indonesia
Celebes Research Center
Centre for Strategic and International Studies (CSIS)
Charta Politika
Cirus Surveyors Group
Cyrus Network
Haluoleo Institute
Indekstat
Indikator Politik Indonesia
Indo Barometer
Indo Consulting
Indo Data
Indo Riset Konsultan
Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC)
Indopol Survey and Consultant
Indopolling Network
Institute Strategic Indonesia (Instrat)
Konsep Indonesia
Lembaga Survei Indonesia (LSI)
LKPI
Losta Institute
LSI Strategi
Pandawa Research
Parameter Strategi Indonesia
Parameter Konsultindo
Pedoman Research Communication
Politicawave
Politika Research & Consulting (PRC)
Polmark Indonesia
Poltracking
Populi Center
Roda Tiga Konsultan
Sands Analitik Indonesia
SMRC
Spektrum Politika
SSI Script
Voxpol

(*)