Wapres: Mandalika Berpotensi Jadi Wisata Halal Terbesar di Dunia

Graha Nusantara – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkkap, pamerintah ingin mengembangkan wisata halal, hal itu disampaikan saat berkunjung ke Popes NU Al-Manshuriah, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (20/2).

Pada waktu yang sama wapres juga menyampaikan, bahwa saat ini wisata halal yang membanggakan di Mandalika, Lombok.

“Kita ingin kembangkan industri halal dan wisata halal. Wisata halal yang sekarang paling dibanggakan justru berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu di Mandalika,” ujar Ma’ruf dilansir dari detik.

Ma’ruf elanjutkan, bahwa  Mandalika memiliki potensi besar menjadi tempat wisata halal, Mandalika memiliki prospek besar karena memiliki wilayah yang lebih luas dari Bali.

“Ternyata memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi wisata halal terbesar di dunia,” lanjut  Ma’ruf.

“Ya saya kira prospeknya besar sekali. kalau Bali itu 300 hektare, di Mandalika itu 1.500 atau 1.300 hektare,” sambung ma’ruf.

Selain itu, di Mandalika sendiri nantinya akan dibuatkan sirkuit untuk acara MotoGP. Pembangunan sirkuit itu disebut saat ini telah berjalan.

“Jadi itu potensinya kemudian ada MotoGP itu pasti akan dilaksanakan, nanti kan pembangunannya kan sudah pasti akan berkembang. Jadi saya melihat prospeknya bagus sekali,” katanya.

Ma’ruf menilai terdapat kendala dalam proses pembangunannya. Salah satunya, ialah ketersediaan hotel atau penginapan yang belum banyak di Mandalika.

“Ya kendalanya mempercepat saja prosesnya, sebab nanti kalau itu MotoGP itu diadakan, itu memerlukan hotel dan hotel itu tidak cukup. Jadi berarti ada semacam yang disebut tempat-tempat penampungan, ada yang di hotel, bahkan kemungkinan ada yang (seperti) di Bali nginepnya. Jadi itu saya kira luar biasa, persiapannya sudah matang sekali,” tutup Ma’ruf. (*)