Survei Capres 2024, Elektabilitas Ridwan Kamli dan Sandiaga Uno saling Salip

Grahanusantara.co.id, Bandung – Kedua tokoh masyarakat saling berebut posisi dalam hasil survei yang dibuat berkala dari Februari hingga September 2020. Gubernur Jabar Ridwan Kamil saling salip dengan Sandiaga Uno dalam elektabilitas calon presiden 2024

Pada Febuari tahun lalu Ridwan Kamil mendapatkan tingkat elektabilitas sebanyak 3,8 %. Angka tersebut terpaut cukup jauh dengan Sandiaga yang mencapai 9,5%. Dalam survei saat itu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menduduki posisi puncak dengan 22,2%, diikuti Anies Baswedan 12,1%.

Pada Mei 2020, elektabilitas Ridwan Kamil naik ke angka 7,7%. Dalam survei yang digelar pada 16-18 Mei 2020 terhadap 1.200 responden, Ridwan Kamil menyalip Sandiaga Uno yang meraih 6 % tingkat elektabilitas. Pada survei yang dilakukan pada Mei, Ganjar Pranowo (10.4%) perlahan menggeser Anies Baswedan (10,4%) di posisi kedua.

Posisi Ridwan Kamil di posisi empat, kembali disalip Sandiaga Uno yang meraih tingkat elektabilitas 9,2% pada Juli 2020. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menduduki peringkat lima, meski secara tingkat elektabilitas meningkat sebanyak 0,9% (menjadi 8,6%).

Sementara itu di bulan yang sama, Ganjar Pranowo meraup tingkat elektabilitas tertinggi dengan 16,2%, diikuti Anies (15%) dan Prabowo Subianto (13,5%).

Dalam survei Capres 2024 yang dirilis September, posisi Kang Emil dan Sandiaga Uno stagnan di posisi lima dan empat. Tingkat elektabilitas keduanya menurun dibandingkan survei bulan Juli, yakni masing-masing 7,6% dan 8,8%.

Di luar itu, justru elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies terus menguat dengan masing-masing meraih 18,7%, 16,8% dan 14,4%.

“Survei mah setiap dua bulan berganti, ada naik, ada turun itu biasa,” kata Kang Emil di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (26/10/2020).

Uniknya, berbarengan dengan munculnya hasil survei tersebut, Kang Emil bertemu dengan Ganjar di Rumah Dinas Gubernur Jateng Puri Gedeh, Kota Gedeh, Kota Semarang pada Minggu (25/10/2020).

Kendati begitu, Kang Emil memastikan jika pertemuannya dengan Ganjar kala itu tak ada kaitannya dengan Pilpres 2024. Pada saat itu, Kang Emil mendampingi istrinya Atalia Kamil bertemu dengan istri Ganjar, Atikoh Suprianti. Keduanya menjabat sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) provinsi masing-masing.

“Kemarin betul lebih karena kalau istri dilepas sendiri, kan bahaya. Jadi saya menemani, memastikan pembicaraan terkait kepramukaan berjalan baik. Tidak ada sedikitpun pembicaaran mengenai politik,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Ganjar Pranowo selalu menduduki tingkat pertama dalam 3 survei terakhir.

“Bulan September ini kita melakukan lagi survei dan hasilnya Ganjar berada di tingkat pertama di 3 survei terakhir. Kemudian disusul Pak Prabowo dan Anies Baswedan di tingkat ketiga ini juga stagnan posisinya,” kata Burhanuddin, dalam hasil survei terbaru bertajuk ‘Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi’, Sabtu (25/10/2020).