5 Besar Marketplace Indonesia – Ecommerce vs Shopping

5 Besar Marketplace Indonesia – Ecommerce vs Shopping – Cek yuk perkembangan pasar online alias Marketplace yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hasil pantauan performa Marketplace Indonesia yang diambil dari situs analisis Similarweb (tahun 2020), Marketplace Shopee Indonsia, Tokopedia, Bukalapak, Lazada Indonesia, dan Blibli layak di dikategorikan sebagai Marketplace terbaik.

Berikut merupakan daftar dan profil singkat dari ke 5 (lima) Marketplace Indonesia.

Shopee Indonesia

Shopee Indonesia/Shopee merupakan platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Marketplace Indonesia - E commerce vs Shopping - Shopee Indonesia
Marketplace Indonesia – E commerce vs Shopping – Shopee Indonesia

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Marketplace Indonesia - E commerce vs Shopping - Tokopedia
Marketplace Indonesia – E commerce vs Shopping – Tokopedia

Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce / online marketplace di Indonesia yang dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017.

Marketplace Indonesia - E commerce vs Shopping - Bukalapak
Marketplace Indonesia – E commerce vs Shopping – Bukalapak

Lazada Indonesia

Lazada Indonesia/Lazada Group merupakan sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group.

Marketplace Indonesia - E commerce vs Shopping - Lazada Indonesia
Marketplace Indonesia – E commerce vs Shopping – Lazada Indonesia

Blibli

Blibli merupakan salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.

Marketplace Indonesia - E commerce vs Shopping - Blibli
Marketplace Indonesia – E commerce vs Shopping – Blibli