oleh

Telkom Siap Berkolaborasi dengan Startup

Graha Nusantara – Semakin berkembangnya Teknologi, Telkom Group menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan Startup. Menurut perusahaan berplat merah ini, kesempatan Startup di Indonesia masih sangat luas dan potensinya juga sangat luarbiasa. Hal tersebut merupakan dukungan dari telkom untuk mendukung Indonesia menjadi Ekonome terbesar di Asia Ternggara.

“Tak hanya membangun digital connectivity melalui infrastruktur telekomunikasi, Telkom juga terus membangun digital platform dan digital services. Ruang inovasi para startup Indonesia untuk menjadi the next digital entrepreneur tahun 2020 masih sangat besar sekali potensinya dan TelkomGroup siap berkolaborasi,” ucap Achmad Sugiarto, Direktur Strategic Portfolio Telkom melalui acara “Digital Trends 2020 from The Eyes of VC’s and Telcos” di GoWork FX Sudirman, Jakarta (17/2).

Seperti yang kami himpun dari SelularId, Forum diskusi yang digelar MDI Venture,perusahaan modal ventura milik PT Telkom Indonesia ini, juga turut dihadiri oleh Sandhy Widyasthana, Direktur Portfolio MDI Ventures. Sandhy menyebutkan, anak perusahaan dari Telkom Group masih terus mencari startup yang potensial.

“Tahun ini kami terus mencari startup potensial dengan fokus utama pada sektor fintech, healthcare, logistics, new retail, edutech, dan deep tech, dan kemungkinan portfolio lainnya. Yang utama adalah akan memberikan benefit buat para startup agar di-alignment-kan dengan delivery channel TelkomGroup, seperti Telkomsel, Enterprise, Consumer, Wholesale dan International,” kata Sandhy.

Pasalnya, MDI Venture telah berinvestasi di 38 startup dari 11 negara serta telah berkontribusi secara signifikan terhadap transformasi digital TelkomGroup. Kedepannya, Telkom berkomitmen membangun dan terus mengembangkan digital platform serta digital services.

Selain dari itu, Telkom juga siap menghadirkan National Digital Platform sebagai platform digital di mana pelaku industri termasuk startup dapat memanfaatkannya. Perusahaan berplat merah ini masih fokus mengembangkan digital platform, seperti Data Center, Big Data, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence, Cloud, Security dan Payment/Blockchain.(*)