Cara Atasi Demam Pada Anak Waktu Malam Hari

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Demam pada anak memang tak selalu menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan. Akan tetapi, apabila demam terjadi ketika tengah malam, ibu dan ayah pastinya sangat cemas.

Sebenarnya, demam menunjukkan sebuah upaya yang dilakukan tubuh untuk merespons infeksi yang sedang menyerang. Ibu seharusnya tidak perlu khawatir, berikut ini cara mengatasi demam anak di malam hari yang bisa ibu lakukan secara mandiri di rumah:

-Kompres Hangat

Upaya pertama yang dapat dilakukan guna meredakan demam anak adalah kompres hangat. Kompres dapat dibuat dengan cara merendam handuk ke dalam air panas. Lalu, lapisi handuk dengan tote bag agar bagian kulit yang dikompres tidak terbakar. Selain itu, kompres hangat juga bisa dibuat dengan memasukkan air hangat ke dalam botol.

Meski begitu, cara ini hanya bisa menyembuhkan dengan sementara. Artinya, ibu harus segera membawa sang buah hati ke rumah sakit terdekat saat pagi tiba. Saat kompres hangat dilakukan, anak mungkin akan rewel karena merasa tidak nyaman, tetapi cara yang telah dipakai turun-temurun ini dinilai cukup membantu.

-Menyeka Tubuh Anak

Demam pada anak juga bisa diredakan dengan mengelap tubuh menggunakan air hangat. Caranya sama seperti ketika ibu membuat kompres. Saat bersentuhan dengan tubuh, air hangat akan membuat suhu tubuh sedikit menurun.

Meski begitu, hindari mengelap tubuh anak dengan air dingin ya, bu! Pasalnya, air dingin justru akan membuat Si Kecil menggigil dan membuat suhu tubuh semakin naik guna mengimbangi rasa dingin. Alih-alih sembuh, demam malah bisa menjadi semakin parah.

-Pakaikan Pakaian Tipis

Saat anak demam, ibu biasanya akan mengenakan pakaian dan menyelimuti anak dengan bahan yang tebal. Hal ini sebaiknya dihindari karena bahan tebal justru mencegah keluarnya panas dalam tubuh, sehingga suhu tubuh anak akan menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, pakaikan Si Kecil dengan pakaian yang tipis sehingga panas dalam tubuh dapat keluar lebih mudah.

-Atur Suhu Kamar

Meredakan demam anak juga bisa dilakukan dengan mengatur suhu kamar senyaman mungkin, sehingga anak tidak kedinginan atau kepanasan. Biarkan ia beristirahat dengan nyaman agar kondisinya dapat cepat pulih kembali.

-Perbanyak Asupan Cairan

Tahukah ibu bahwa banyak minum air putih dapat meredakan demam pada anak? Saat anak demam, mereka akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. Mengonsumsi banyak air putih akan menjaga kadar air dalam tubuh anak juga membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan panas di dalamnya sekaligus mencegah dehidrasi. Jadi, pastikan agar asupan cairan anak selalu terpenuhi, ya!

-Menggunakan Bawang Merah

Katanya, bawang merah mengandung minyak atsiri yang mampu menurunkan demam pada anak. Mungkin ibu bisa mencobanya, caranya dengan memarut bawang merah lalu campurkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Kemudian, oleskan ke seluruh tubuh anak. Namun, hindari pemakaiannya jika kulit anak cenderung sensitif.