Pemkot Tangsel Sediakan Bak Sampah Besar, Namun Sampah Masih Saja Berserak di Jalanan Dekat Flyover Ciputat

Grahanusantara.co.id, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah menyediakan bak sampah besar di bawah flyover Ciputat dengan harapan agar orang-orang tidak membuang sampah sembarangan di jalanan lagi. Namun ternyata, sampah-sampah masih dibuang di tengah Jl Dewi Sartika yang tak jauh dari flyover.

Di Jl Dewi Sartika sekitar 850 meter dari titik bak arm roll Dinas Lingkungan Hidup Tangsel di bawah flyover Ciputat, Tangerang Selatan, ada kantong-kantong kresek yang ditaruh di atas pembatas jalan.

“Sampah itu meresahkan masyarakat juga,” kata Burhan (50), yang merupakan Ketua RT 01 RW 03, Kampung Cimanggis, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Kamis (4/2/2021).

Pemandangan sampah di tengah Jl Dewi Sartika adalah pemandangan rutin tiap malam. Kebetulan malam ini hujan, jumlah penyampah menjadi sedikit berkurang. Burhan menyatakan para penyampah itu biasa mengendarai sepeda motor, datang dari luar kampung ini, kemudian menaruh kantong-kantong sampah begitu saja di tengah jalan. Frekuensi semakin meningkat saat menjelang subuh. Pagi harinya, truk pengangkut sampah akan mengambilnya.

“Itu kira-kira jam 4-an saya lihat, sehabis subuh. Kalau orang tega seliweran naruh,” kata Burhan.

Dulu, warga pernah iuran untuk membayar petugas mengambil sampah di tempat yang disediakan. Namun karena ternyata yang membuang sampah bukan cuma warga permukiman setempat, tapi orang berkendaraan dari jauh juga ikut-ikutan membuang sampah, bak sampah menjadi cepat penuh. Frekuensi pengangkutan sampah meningkat. Biaya iuran naik. Akhirnya, warga tidak mau lagi untuk iuran membayar pengambil sampah.

“Pemerintah, tolong diatasi dengan sebaik-baiknya, bagaimana caranya. Masyarakat akan ikut saja,” kata Burhan.

Warga kampung setempat bernama Ruminah (56) hafal betul dengan kondisi ini. Dia sudah lama menahan rasa tidak nyaman gara-gara joroknya jalanan.

“Ya risilah, kotor, nggak pantas, orang buang pada seenaknya gitu,” kata Ruminah.

Saking lamanya situasi ini berlangsung, dia menjadi tidak ingat lagi kapan kebiasaan buruk di jalanan itu pertama kali diawali orang tak bertanggung jawab. Namun Ruminah tidak menutup-nutupi, sebenarnya ada juga warga setempat yang ikut membuang sampah sembarangan.

Dia punya solusi supaya Jl Dewi Sartika Ciputat ini bersih dari sampah.

“Pengin ada bak sampah atau mobil pengangkut sampah. Mesti ada tempatnya, ditaruh bak sampah. Itu harapan saya, biar bersih jalan raya ini,” kata dia.

Sebelumnya, Selasa (2/2) lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel telah menyediakan bak arm roll di bawah flyover Ciputat, jaraknya sekitar 850 meter dari sini. Setelah ada bak arm roll itu, jumlah sampah yang dibuang sembarangan di sekitar flyover menjadi berkurang. Namun di sini, di Jl Dewi Sartika setelah flyover, fenomena buang sampah sembarangan di jalanan masih belum teratasi dan menantikan solusi.