Menhub Tunggu Keputusan Menteri Lainnya, Terkait Pemulangan WNI Dari China

Graha Nusantara – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menunggu keputusan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri, guna membawa pulang WNI dari Wuhan, China.

Ada tiga WNI yang gagal dipulangkan karena tak lolos pemeriksaan kesehatan di Wuhan. “Saya pikir kita menunggu arahan dari tim pusat, dalam hal ini leading sector-nya adalah Kemenkes dan Kemenlu,” ujar Budi, Jakarta, Senin (17/02/2020).

Budi mengaku telah mempersiapkan armada pesawat jika sudah ada perintah untuk pengangkutan kembali WNI di Wuhan. Ia menjelaskan dalam pengangkutan WNI nantinya bukan hanya mereka yang berada di Wuhan saja, tapi WNI di daerah China lainnya juga akan diangkut untuk mencegah merebaknya Virus Corona.

“Karena yang ada kan bukan saja di Wuhan, tapi darat China lainnya. Tadi saya mendengar bahwa banyak di antaranya saudara kita mau stay di sana, tapi kita tak menutup kemungkinan lakukan itu,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Budi pun memberikan penghargaan kepada awak maskapai Batik Air yang telah melakukan misi penyelematan WNI di Wuhan.

“Sulit dibayangkan seseorang dapat tugas yang mempertaruhkan dirinya atas langkah itu. Oleh karenanya, saya apresiasi yang dilakukan awak pesawat baik pilot, pramugara, pramugari dan petugas di sana,” ujar Budi.