Demokrat DIY Angkat Bicara Soal Kubu-Kubu Antara AHY dan Ibas

Grahanusantara.co.id, Yogyakarta – Politikus senior Partai Demokrat (PD) Darmizal menyebut Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas lebih disenangi dalam lingkup internal partai. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menepis ada kubu Ibas atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di internal partainya.

“Nggak ada (kubu Ibas dan AHY), semua (kader Demokrat) loyal ke AHY sebagai Ketua Umum dan loyal kepada DPP,” Ketua DPD Partai Demokrat DIY Heri Sebayang, Selasa (2/2/2021).

Heri pun menegaskan Demokrat DIY loyal ke pimpinan partai dan DPP. “Di DPP kan ada Mas AHY, Mas Ibas dan Pak SBY juga,” sambungnya.

Ditanya soal pernyataan Darmizal, Heri menolak memberikan tanggapan soal sosok yang lebih disukai antara AHY atau Ibas.

“Saya tidak mau menanggapi (isu internal PD lebih memilih Ibas),” jawabnya singkat.

sebelumnya, politikus senior Partai Demokrat (PD) Darmizal menanggapi ketidakhadiran Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas di konferensi pers soal isu kudeta partai. Darmizal yakin Ibas tak ada kaitannya dengan isu kudeta ini.

“Yang saya pahami, Mas Ibas itu menjadi kader Partai Demokrat, jauh lebih awal ketimbang banyak pengurus hari ini. Dia sudah berpengalaman menjadi ketua fraksi, berpengalaman sebagai anggota fraksi, berpengalaman menjadi sekjen, dan berpengalaman banyak hal di parlemen,” kata Darmizal di Restoran Dapur Sunda Mal Bellagio, Jaksel, Selasa (2/2).

Selain itu, menurut Darmizal, Ibas lebih disukai lingkup internal Partai Demokrat. Darmizal juga menyebut Ibas sebagai orang yang inklusif setelah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Ibas. Darmizal tak ingin membandingkan Ibas dengan AHY. Dia hanya mengatakan Ibas memiliki pengalaman politik yang baik.

“Itu kalau saya ya (bertemu Ibas), kalau yang lain saya tidak begitu (tahu). Tapi dengan Mas Ibas, saya lihat lebih well inform, lebih inklusif, gitu ya, dalam berdiskusi dan bertemu banyak orang,” lanjutnya.