Budi Karya: Maskapai Yang Rugi Akibat Virus Corona Akan Disubsidi Pemerintah

Graha Nusantara – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengatakan, kalau Pemerintah akan langsung beri subsidi pada maskapai yang gagal terbang akibat wabah Virus Corona.

“Pemerintah akan subsidi, Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) sudah setuju, nanti di-announce (diumumkan) akan ada subsidi dari pemerintah langsung mungkin ke operator maskapai, mungkin ke mana untuk tujuan-tujuan wisata,” ucapnya di Kampus UGM Yogyakarta, Senin (17/02/2020).

Selain itu, mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengimbau otoritas bandara dan maskapai untuk memberikan potongan harga kepada penumpang. Dengan begitu, industri pariwisata dalam negeri diharapkan bisa bergairah kembali.

“Sehingga kegairahan kita untuk mengisi ruang-ruang yang ditinggalkan oleh turis China bisa teratasi,” kata dia.

Dia mengakui kebijakan penundaan penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di China memiliki dampak negatif pada industri penerbangan di Indonesia. Namun, dia meyakini persoalan tersebut akan teratasi dengan kucuran subsidi secara langsung dari pemerintah yang ditargetkan mulai berlaku dalam waktu satu atau dua hari ini.

“(Subsidi) itu nanti akan diumumkan dan itu insyaallah sudah berlaku dalam 1-2 hari ini sehingga kita dapat kemudahan dengan harga yang lebih murah,” kata Budi.