Tahukah Anda?, Bercinta Dapat Menghilangkan Stres loh

Graha Nusantara – Kesibukan yang anda hadapi setiap hari pasti membuat anda jenuh dan stres, serta pekerjaan yang menumpuk dan berbagai masalah yang sedang andahadapi kerap kali membuat anda merasa tertekan.

Tetapi, sebenarnya ada beberapa yang sangat mudah untuk menghilang setres yang sedang anda rasakan, sehingga dapat membuat anda nyaman. Lantas, apakah cara tersebut?, yah, jawabannya ada, anda akan kita bahas dalam artikel ini.

Bercinta merupakan hal yang paling mudah yang bisa anda lakukan saat anda merasa stres (khusus untuk yang sudah punya pasangan yah), hehehe. Pasti anda masih bertanya, wah kok bisa?, simak langsung beberapa penjelasan berikut:

Melancarkan Peredaran Darah

Jujur saja, bahwa bercinta merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anda dan pasanganmu. Pasalnya, disaat anda bercinta, ada beberapa hal yang terjadi di dalam tubuh anda, salah satunya adalah terjadinya pelepasan dopamin dan dan endorfin, yang mana pelepasan tersebut dapat memeperbaiki mood anda. Kesenangan yang muncul adalah kesenangan seperti saat anda menyantap makanan. Selain itu, ketika anda mencapai orgasme, sirkulasi darahmu akan lebih lancar. Aliran-aliran darah yang sebelumnya tersumbat karena stres akan kembali lancar.

Menyehatkan Jantung

Bercinta memang bukan kegiatan olahraga, tetapi bercinta dapat memberikan manfaat yang sama, seperti saat anda olahraga. Terutama pada saat anda mencapai orgasme, di mana aktivitas jantung akan sama  seperti ketika anda melakukan gerakan olahraga. Denyut jantung akan meningkat, aliran darah akan meninggi, adrenalin naik dan napas semakin kencang, hal ini yang terjadi pada tubuh anda, ketika anda sudah orgasme yang biasanya juga akan anda alami saat berolahraga.

Tidur Lebih Nyenyak

Inilah jawabannya, kenapa setelah bercinta, kebanyakan orang akan tidur dengan nyenyak. Ya, betul sekali, hal disebabkan oleh rasa nyaman dan relaks yang dihasilkan setelah anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda. Bahkan sebuah survei memebenarkan hal ini, bahwa 30% dari total responden yang berjumlah 1.800 orang mengaku memilih seks sebagai obat tidur yang alami. Hal tersebut, karena mereka sudah sangat sibuk dan lelah beraktifitas seharian penuh. 

Meningkatkan Mood

Seperti yang telah mimin ulas pada poin pertama, bahwa seks merupakan aktivitas yang akan membuat mood anda membaik. Pasalnya, saat anda berhubungan seks, tubuh anda akan menghasilkan hormon endorfin yang akan mempengaruhi perasaan dan mood anda. Perasaan kesal, bahkan depresi dapat hilang seketika. Selain hal tersebut, hormon oksitosin yang keluar ketika puting susu mendapat rangsangan saat berhubungan seks, hormon oksitosin ini yang juga akan memunculkan perasaan tenang dan puas setelah selesai bercinta.

Memompa Oksigen

Sebuah studi dengan scan MRI menunjukkan, bahwa kadar oksigen dalam otak manusia akan meningkat ketika mengalami orgasme. Hal itu terbukti, dan sangat berbeda rasanya saat anda tidak mengalami orgasme. sehingga sangat disarankan bagi anda yang sudah punya pasangan untuk melakukan hubungan seks secara rutin dan teratur. Termasuk apabila gairah seks anda dan pasangan anda mulai menurun, setidaknya lakukan aktivitas yang hampir serupa misalnya dengan berpelukan di tempat tidur atau saling memijat dan lain-lain.

Mencegah Penuaan

Sebuah studi Royal Edinburgh Hospital juga menyebutkan, bahwa kualitas hidup seseorang akan bertambah baik saat  berhubungan seks dan puas. Hasil studi tersebut juga menunkkan, bahwa kepuasan hidup inilah yang kemudian membantu mencegah terjadinya penuaan dini, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Dr. David Weeks juga menjelaskan bahwa pasangan yang rutin melakukan hubungan seks akan terlihat beberapa tahun lebih muda. Hal ini terjadi sebab adanya pelepasan hormon HGH dan endorfin yang dihasilkan tubuh sesaat setelah selesai bercinta. Kedua hormon inilah yang juga ikut berperan dalam memperbaiki kesehatan kulit, khususnya mencegah keriput pada wajah anda.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berhubungan seks secara rutin juga disebut-sebut dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh anda. Hal ini seperti yang disampaikan oleh tim peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania, menjelaskan bahwa beberapa responden yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu terbukti memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi dari pada responden yang jarang berhubungan seks. jadi, responden yang rutin berhubungan seks menjadi jarang sakit serta terlindung dari berbagai macam bakteri bahkan virus yang membahayakan tubuh.

Itulah, beberapa manfaat bercinta, jadi rutinlah berhubungan sex dengan pasangan anda, agar tubuh anda tetap sehat dan bugar. (*)