Sebanyak 11 Ribu Lebih Kudus Menerima Vaksin Covid-19

Grahanusantara.co.id, Kudus – Plt Bupati Kudus akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac itu besok. kabarnya, Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah telah menerima sebanyak 11.280 vaksin Corona.

“Sudah diambil kemarin siang Sabtu (23/), sejumlah 11.280 vaksin,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Andini Aridewi, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (24/1/2021).

Andini mengatakan vaksin Corona tersebut diprioritaskan bagi seluruh tenaga kesehatan (nakes). Jumlah nakes di Kudus ada sebanyak 5.618 orang. Mereka nantinya akan disuntik vaksin Corona dua kali dalam selang dua pekan.

“Sasaran nakes 5.618 orang. Pelaksanaan tanggal 25 sampai dengan 28 Februari untuk tahap 1. Pencanangan besok Senin di RSUD. Ini untuk 2 kali penyuntikan. Selang 2 Minggu sebagai booster,” terang Andini.

Diwawancara terpisah, Direktur RSUD dr Loekmono Hadi, Abdul Aziz Achyar, mengatakan RSUD Kudus telah menerima 250 vaksin Corona. Plt Bupati Kudus, HM Hatopo, menjadi orang pertama di Kota Kretek yang akan disuntik vaksin Corona besok.

“Besok Senin (25/1) ada 250 vaksin dari DKK. Rencananya nanti Pak Plt Bupati menjadi orang pertama yang divaksin. Kemudian dilanjutkan forkompinda. Lalu diikuti nakes RSUD,” kata Aziz dalam keterangan tertulis kepada wartawan, hari ini.

Vaksinasi akan dilakukan sesuai prosedur yang diterapkan pemerintah pusat. Sedangkan penyuntikan kepada ratusan nakes di Kudus akan dilakukan secara bertahap. Aziz menargetkan sebanyak 200 nakes disuntik vaksin dalam satu hari.

“Untuk selanjutnya, vaksinasi per harinya kami targetkan 200 nakes,” jelas Aziz.