Hasil Survei Menilai Masyarakat Tidak Puas Atas Kinerja Ma’ruf Amin

Graha Nusantara – Lembaga Survei Indobarometer merilis hasil survei mengenai kepuasan publik terhadap kinerja 100 hari Kabinet Indonesia Maju.

Hasil survei menyatakan bahwa masyarakat cenderung tidak puas atas kinerja 100 hari Ma’ruf Amin selama menjabat sebagai Wakil Presiden (Wapres).

Sebesar 43,7 persen publik mengaku cukup puas, 5,9 persen sangat puas dengan kinerja wakil presiden Ma’ruf Amin. Sedangkan 32,7 persen mengkau kurang puas dan 4,8 persen tidak puas sama sekali. Sementara 12,9 persen merespons tidak menjawab atau tidak tahu.

Survei juga mendapati bahwa kepuasan publik terhadap kinerja 100 hari Presiden Joko Widodo sebesar 54,3 persen. Sedangkan 33,8 persen mengkau kurang puas dan lima persen memilih tidak menjawab atau tidak tahu.

M. Qodari selaku Direktur Indobaromater, menilai wajar adanya selisih perbedaan antara presiden dan wakil presiden dalam tingkat kepuasan masyarakat. Dia mengatakan, posisi presiden yang biasanya lebih menonjol menjadi salah satu penyebab adanya perbedaan tersebut.

“Pasti memang jomplang antara presiden dan wakil presiden dan biasanya wakil presiden memang lebih rendah, tapi biasanya nggak jauh, tapi ini jauh ya,” ujar M Qodari dalam konferensi pers di Jakarta, Ahad (16/02).

Berdasarkan hasil survei tersebut, tingkat kepuasan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga masih di bawah Wakil Presiden sebelumnya Jusuf Kalla (JK).

Dalam survei yang dilakukan Indobarometer 15 hingga 25 Maret 2015, sebesar 51,3 persen publik mengaku cukup puas dengan kinerja wakil kepala pemerintahan. Sebesar dua persen mengaku sangat puas. Sementara 34,7 persen menyatakan kurang puas dan 4,1 persen tidak puas sama sekali dengna minerja wakil presidrn saat itu. Sedangkan 7,9 persen respon menjawab tidak tahu.

Survei dilakukan pada 9 hingga 15 Januari 2020. Responden diambil dari 34 provinsi secara nasional. Jumlah responden sebanyan 1200 orang dengnan margin of eror 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.